PERBEDAAN JENIS ATAP

 Semakin majunya teknologi menjadikan produk yang dihasilkan juga bermacam-macam sesuai kebutuhan manusia. Atap sebagai pelindung utama sebuah bangunan dari hujan, panas, maupun angin juga memiliki berbagai macam jenis. Disini kami akan memberikan gambaran tentang perbedaan jenis atap sehingga Anda dapat memilih jenis atap yang sesuai untuk bangunan Anda.

ATAP UPVC

Atap UPVC terbuat dari material unplasticized polyvinyl Chloride. Yaitu material PVC yang sudah dihilangkan sifat plastiknya sehingga tidak mudah getas. Masa lifetime untuk Atap UPVC ini bisa dibilang seumur hidup mengingat sifat plastik yang sulit terurai.

Apabila bangunan Anda berada di wilayah dengan tingkat korosi tinggi seperti daerah Industri, atau dekat pabrik bahan kimia, dekat area pantai, sangat disarankan untuk menggunakan atap jenis ini. Selain anti korosi karena tahan dengan bahan kimia paling korosif (H2SO4) atap ini juga berfungsi sekaligus sebagai peredam suara. Pengguna atap UPVC tidak akan merasa berisik terutama saat hujan turun.

Atap ini tidak ada jenis transparan, Bagi Anda yang menginginkan Atap tembus cahaya dan transparan, sayang sekali Anda tidak akan mendapatkan di Atap jenis ini. Apabila ada Atap UPVC Transparan, sudah bisa dipastikan atap tersebut bukan berbahan dasar UPVC.

Atap UPVC juga bersifat tidak merambatkan api, sehingga aman apabila terjadi kebakaran di area gedung. Dapat dipastikan api tidak mudah merambat ke sekitarnya.

Ada banyak Atap UPVC dengan berbagai merk. Seperti Atap UPVC Golden Roof, Atap Alderon, Atap Dr. Shield, Atap Rooftop, Atap Holodeck. Berbagai merk tersebut memiliki keunikan sendiri-sendiri tetapi berfungsi sama.

ATAP METAL / SPANDEK

Atap Metal juga mempunyai banyak sekali peminat. Selain karena lifetimenya yang panjang, atap spandek juga relatif kuat. Tidak mudah patah dan relatif murah di awal.

Hanya saja kelemahan Atap Metal ini mudah sekali bocor dan berlubang akibat korosi. Melihat kondisi udara dan lingkungan yang sudah banyak polusi dan cenderung korosif. Sering menyebabkan atap metal atau atap spandek berubah warna kemerahan karat dan berlubang sehingga mengurangi fungsi dan estetika bangunan itu sendiri.

Selain itu atap metal dan spandek sangat panas karena sifatnya yang tidak meredam ataupun merefleksikan panas dan juga berisik saat hujan. Sehingga perlu ditambahkan insulasi bubble aluminium atau insulasi foam sebagai peredam panas dan suara.

Untuk mencegahnya biasanya dilakukan pengecatan secara berkala agar lapisan metal tidak teroksidasi dan menyebabkan karat. Sebagai kesimpulan bisa dibilang pengguna atap metal harus menyediakan budget maintenance dan budget lebih untuk peredam panas untuk kenyamanan pengguna bangunan di dalamnya.

Sebagai contoh atap spandek yang ada di pasaran menggunakan merk Bluescope. Adapula merk lokal biasa dengan harga lebih murah dan terjangkau. Saat membeli atap spandek metal pastikan juga ketebalan atapnya.

ATAP SPANDEK PASIR

Atap Spandek Pasir adalah atap spandek ekonomis yang terbuat dari metal tetapi terdapat lapisan pasir diatasnya yang berfungsi sebegai peredam suara. Atap ini peruntukannya sering digunakan untuk perumahan dan perindustrian.

Walaupun sudah dilapisi pasir dan tidak berisik, tetap saja atap ini tidak luput dari korosi karena memang dasar atap ini berbahan metal.

ATAP POLYCARBONATE

Atap Polycarbonate ini merupakan atap yang sering digunakan terutama untuk kanopi. Atap rumah dan perindustrian sangat tidak disarankan menggunakan polycarbonate karena lifetime yang sangat sebentar. Atap ini apabila terkena panas dan hujan berkepanjangan. Lama kelamaan atap polycarbonate akan rapuh dan timbul serat-serat halus yang berbahaya apabila terhirup.

Walaupun di awal pemakaian terkesan murah, tetapi karena lifetime yang sebentar menyebabkan atap ini bernilai mahal apabila diganti terus menerus.

PT. Abadi Ario Sekawan menyediakan atap UPVC dengan bahan UV sebagai campurannya. Bukan hanya menggunakan lapisan ASA sebagi Anti UV pada lapisan terluar. Golden Roof menggunakan anti UV sebagai CAMPURAN bahan baku sehingga atap UPVC akan lebih kuat dan kokoh dalam beberapa tahun kedepan setelah pemasangan.